Masinis muda kereta komuter menyelesaikan sirkuit 7 summits Indonesia

Animo terhadap sirkuit The Seven Summits of Indonesia terus meningkat, tiap saat pendaki gunung yang berhasil menuntaskannya terus bertambah. Adalah Ramandho Pradapta demikian nama panjang dari pria muda kumisan berumur 24 tahun ini, Ramandho yang sehari-harinya berprofesi sebagai seorang Masinis Muda pada PT. Kereta Commuter Indonesia ini berhasil menyelesaikan pendaki ke tujuh gunung tersebut dalam kurun waktu 3 tahun 6 bulan, gunung pertama yang didakinya pada sirkuit 7 summits Indonesia ini adalah Gunung Rinjani pada tanggal 17 Februari 2016 dan ditutup dengan pendakian ke puncak Carstenzs Pyramid pada tanggal 14 September 2019.

“Orang tua saya support secara penuh, meski juga sering kali khawatir karena saya berpergian kedaerah pedalaman yang relatif berbahaya”. Jawab Ramandho saat ditanya apakah keluarganya mendukung hobby mendaki gunungnya. Menurut pendaki yang berdomisili di Jakarta ini, gunung yang paling berkesan baginya dalam 7 puncak ini adalah Carstenzs Pyramid, karena akses yang sangat sulit untuk mencapai titik awal pendakiannya dan karakter gunung ini sangat berbeda dengan ke 6 gunung lainnya.

“Saya berharap semua orang harus fokus pada tujuan nya, jadi mereka harus menyelesaikan apa yang dia telah mulai dan cita citakan, dan semakin meningkatkan kesadaran dalam berkegiatan pendakian dan pengabdian kepada masyarakat sekitar, jadi naik gunung bukan hanya sekedar bermain tapi juga belajar.” Demikian harapan Ramandho kepada para pendaki yang tengah atau akan memulai menyelesaikan sirkuit seven summits mereka.