Rekor Baru Pendaki Ayah dan Anak pertama Menuntaskan 7 Summits Indonesia

Sirkuit tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia berhasil didaki oleh seorang anak perempuan bernama Khansa Syahlaa. Gadis cilik ini berumur 11 tahun saat berhasil menuntaskan ke tujuh puncak tersebut bersama ayahnya Aulia Ibnu. Khansa mengawali pendakian Seven Summits Indonesia nya dengan mencapai puncak Gunung Semeru pada tanggal 25 April 2015 dan menyelesaikannya di puncak Carstenzs Pyramid pada tanggal 15 Juli 2017, namun klaim summiter nya baru di terima admin the7summitsindonesia.com pada tanggal 16 May 2020 tidak ada keterangan khusus mengenai keterlambatan klaim ini, tetapi sesuai aturan pencatatan, meski dia terlambat klaim, oleh karena klaim nya absah sesuai bukti-bukti maka Khansa tetap dicatatkan sesuai dengan tanggal keberhasilannya menuntaskan ke tujuh puncak tersebut dan menempati urutan ke 15 dalam list seven summits of Indonesia, sementara ayahnya Aulia Ibnu menempati urutan ke 16.

“Aku terinspirasi dari om Hendri Agustin, waktu itu lagi ke book fair dan ada buku 7 summit indonesia, tertarik banget dan akhirnya beli, dari situ juga tertarik dengan hobi ayah dari lama yaitu mendaki juga, dan pastinya ingin melihat keindahan indonesia dari puncak-puncak gunung” Ujar Khansa saat ditanya apa yang membuat dia tertarik mendaki ke tujuh puncak tersebut.

Khansa dan ayah nya selalu melakukan pendakian di libur panjang dan menurut Khansa terkadang juga pihak sekolahnya memberikan izin khusus dan mensupport kegiatan mendaki gunungnya. Khansa juga mengaku banyak belajar ilmu tentang pendakian gunung dari ayahnya yang juga seorang pendaki gunung.

Saat ditanya dari ke tujuh gunung itu yang mana yang paling membuatnya berkesan, dengan semangat Khansa menjawab, “Semua gunung pastinya punya kesan masing-masing, tapi yang paling berkesan menurut aku adalah Cartensz Pyramide yang menjadi gunung tertinggi di indonesia bahkan masuk ke 7 summit dunia rasanya gak nyangka banget, seneng,haru dan yang pasti bersyukur bisa diberi kesempatan menyelesaikan 7 summit indonesia”.

“Aku mulai mendaki dari umur 5 tahun ke gunung bromo, lalu lanjut umur 7 tahun ke gunung rinjani dan mulai menggali info lebih tentang pendakian, total kira kira sudah 38 gunung yang sudah aku daki”. Lanjut Khansa saat ditanya sejak kapan dia mulai aktif mendaki gunung.

Juga buat teman-teman pendaki cilik yang lain Khansa berpesan agar tetap utamakan sekolah, persiapkan fisik, mental, perlengkapan dan segalanya dengan matang serta pastinya harus didampingi oleh orang tua atau orang yang sudah ahli.

Khansa Syahlaa dan ayahnya Aulia Ibnu juga memecahkan rekor baru yaitu rekor Ayah dan anak pertama yang berhasil menuntaskan pendakian sirkut The Seven Summits of Indonesia. Selamat untuk Khansa dan Ayahnya Aulia Ibnu semoga keberhasilan mereka berdua menginspirasi para orang tua lainnya yang mempunyai anak hoby mendaki gunung.