Wiraswastawan berhasil mendaki 7 Summits Indonesia

“Tidak ada yang tidak mungkin. Dengan keinginan yang kuat, diikuti usaha yang kuat pula. Siapapun bisa mencapainya. Banyak yang berdalih, apalagi untuk Carstensz Pyramid. ‘Biayanya mahal’. Mending ke luar negeri aja. Untuk sebuah pencapaian, tidak ada kata mendang mending. Kita bisa saja mengajukan sponsor juga”. Demikian ujar Andri Gunawan seorang wiraswasta yang juga merangkap sebagai guide freelance trip gunung menjawab pertanyaan www.7summitsindonesia.com mengenai harapannya pada pendaki yang tengah berusaha untuk menuntaskan sirkuit 7 summits Indonesia.

Cowok single asal Jakarta ini mengaku mengetahui konsep 7 Summits Indonesia dari teman-temannya dan juga dari internet, kemudian tertarik untuk melakukannya. Andri Gunawan berhasil menuntaskan pendakian ke tujuh puncak tersebut pada tanggal 29 Mei 2023 di puncak Gunung Binaya. Semua pendakian tersebut berhasil dia lakukan dengan memakan waktu empat tahun enam bulan, dan dia memulainya di puncak Gunung Rinjani pada tanggal 12 Juni 2018.

“Yang paling berkesan kerinci. Karena saat itu bumi sedang tidak baik baik saja (covid). Banyak sekali drama saat perjalanan pergi dan pulang”. Ujar Andri menjawab pertanyaan gunung yang paling berkesan untuknya diantara 7 gunung yang ada di konsep seven summits Indonesia ini. Dia juga menyebut konsep seen summits Indonesia ini sangat baik konsep nya sesuai dengan kepulauan besar di Indonesia. Membuatnya tertarik karena untuk menyelesaikan seven summits Indonesia ini tidaklah mudah. Dan hanya segelintir orang saja yang bisa menyelesaikannya. Terlebih salah satu seven summits Indonesia masuk ke dalam world seven summits.