Seorang Ibu dari 8 orang anak berhasil menuntaskan 7 Summits Indonesia

Seorang pendaki wanita asal Tanggerang Selatan berhasil menyelesaikan pendakian tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia atau dikenal dengan sebutan 7 Summits Indonesia. Adalah Anita Ellativa Sandhiyudha seorang ibu dari 8 orang anak yang juga seorang wiraswasta di bidang Agrikultur dan wisata. Anita mengaku sudah menekuni kegiatan mendaki gunung sejak kecil karena sering dibawa ayahnya yang seorang perwira TNI AD keluar masuk hutan di pegunungan untuk dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan alam. Mengaku juga hobby mendakinya itu sempat terhenti saat dia berkeluarga namun setelah anak-anaknya dewasa, mendaki gunung kembali dia tekuni.

Anita memulai pendakian 7 Summits Indonesianya dengan mendaki gunung Semeru pada tanggal 28 Juli 2019, dan menuntaskannya 7 summitsnya di puncak Kakam gunung Bukit Raya pada tanggal 27 November 2023, butuh waktu 4 tahun 5 bulan bagi ibu yang pada saat itu berumur 51 tahun untuk berhasil menyelesaikan pendakian ke tujuh gunung tersebut. Menurut Anita ada empat dampak baik dengan adanya konsep The Seven Summits Indonesia yaitu:

  1. Selain konsep 7 gunung tertinggi ini mewakili pulau-pulau besar dan kepulauan besar, menurut Anita konsep ini menjadi lambang pemersatu gunung-gunung yang tersebar di seluruh kepulauan di Nusantara. Sehingga pendaki-pendaki tak hanya mengeksplore gunung-gunung populer di Jawa.
  2. Konsep ini, bahkan dalam perjalanan waktu, akhirnya juga mengenalkan pada para pencinta alam gunung, bahwa begitu banyak gunung lain di pelosok nusantara ini, yang dapat juga menjadi tujuan pendakian dan dapat dinikmati keindahannya, meski berbeda-beda karakteristik alam dari gunung-gunung di setiap daerah atau pulau. Maka gunung-gunung lain di luar pulau juga menjadi destinasi pendakian yang menarik.
  3. Dengan mendaki gunung-gunung seven summit ini, hal-hal menarik lain adalah para pendaki makin mengenal keberagaman budaya, suku dan agama dari masyarakat setempat, serta melihat dan menghargai kearifan lokal masyarakat setempat gunung tujuan.
  4. Kami yang mendaki gunung 7 summit ini dapat mengenal dan menikmati keberagaman kuliner, buah atau hasil alam di daerah tujuan gunung-gunung 7 summits Indonesia.

“Untuk mencapai puncak2 seven summits, bagi saya mengalir saja jika waktunya memang sesuai. dan kegiatan mentadabbur alam gunung 7 summits saya jalani dengan bahagia karena kecintaan saya pada alam dan kegiatan pendakian.  sedikit kendala terkadang memang ada, tidak ada yang sempurna dalam tiap pendakian. misal hal-hal teknis di perjalanan, management logistics, faktor alam dan hal-hal terkait pendakian namun bukan sesuatu yang harus dikuatirkan, jika kita sudah menyiapkan fisik, mental, logistics dan memahami konsep survival di alam dengan baik”. Jawab Anita saat ditanya kendala yang dihadapinya saat melakukan pendakian ke tujuh gunung tersebut.

“Saya sangat bersyukur dalam tiap pendakian gunung 7 summits Indonesia, saya menjalaninya bersama tim-tim tangguh, berpengalaman dan bertanggung jawab, serta saudara-saudara seperjalanan seperjuangan yang saling mensupport di pendakian-pendakian 7 summits saya.  TabarakAllah”. Ujarnya lagi melengkapi jawaban sebelumnya.

Kepada para pendaki yang sedang atau akan mendaki 7 Summits Indonesia Anita berpesan agar menyiapkan fisik dan mental, menyiapkan finansial, mencari dan mempelajari informasi ke tujuh gunung tersebut. Hal-hal tersebut akan sangat membantu pendaki dalam proses mendaki ke tujuh gunung tersebut.