Wiraswastawan Asal Bali Mendaki 7 Summits

Kembali sirkuit tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia diramaikan kembali dengan keberhasilan dari seorang pendaki yang berasal dari Tabanan, Bali menjejakan kakinya di tujuh puncak gunung tersebut. Adalah Efriadi 46 tahun, seorang wiraswata pecinta pendakian gunung berhasil menuntaskan pendakiannya tujuh puncak nya di puncak Kakam  Gunung Bukit Raya pada tanggal 5 Juli 2023. Efriadi menyelesaikan seluruh pendakian dalam kurun waktu 17 tahun dimulai pada tanggal 20 Agustus 2006 di puncak Gunung Semeru.

Mengaku diantara ke tujuh gunung di 7 Summits Indonesia, gunung Semeru lah yang paling berkesan untuknya karena menurutnya Gunung Semeru merupakan salah satu puncak abadi para Dewa.

“The Seven Summits Indonesia merupakan penentuan puncak tertinggi, dimana penentuan ini berdasarkan 7 pulau/kepulauan besar yang ada di Indonesia. Kepulauan ini sangat indah, jika dikemudian hari terdapat sedikit perubahan ketinggian dari 7 gunung yang telah disebutkan ini, itu merupakan penemuan terbaru dari puncak gunung lain, Namun, tidak akan merubah dari konsep ini”. Demikian ujar Efriadi saat ditanya pendapatnya mengenai konsep the Seven Summits of Indonesia. Dia mengaku mengetahui 7 Summits Indonesia dari open trip pendakian gunung yang dia ikuti.

Kepada para pendaki yang akan dan tengah menyelesaikan pendakian 7 summits nya dia berpesan agar bersemangat dan jaga kondisi fisik saat akan menggapai apa yang belum digapai. Serta, kuatkan tekat dan jadilah pendaki yang mencintai alam. “JANGAN-LAH BUANG SAMPAH DI SEMBARANG TEMPAT”