Dara Melayu dari Malaysia tercatat sebagai Pendaki Asing pertama

Kembali circuit 7 puncak tertinggi di 7 pulau/kepulauan besar Indonesia atau The Seven Summits of Indonesia berhasil di selesaikan oleh pendaki wanita yang kali ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari negara jiran Malaysia. AL Arifah Hassan demikian nama panjang dari dara melayu ini. Dia memulai pendakian 7 summits Indonesianya dengan mengawali pendakian ke Gunung Semeru pada tanggal 17 October 2010 dan mengakhirinya di Gunung Kerinci pada tanggal 07 Mei 2018. Dengan demikian total pencapaian waktu bagi Arifah untuk menyelesaikan ke tujuh puncak tersebut adalah 7,8 tahun. Pendakian Arifah ke tujuh puncak ini tak lepas dari panduan mountain guide Indonesia yang mulai banyak bermunculan seiring dengan terus meningkatnya animo terhadap wisata alam bebas ini.

Dalam surat elektroniknya kepada admin The Seven Summits of Indonesia Arifah mengungkapkan bahwa dia mengalami perjalanan petualangan yang sangat menyenangkan dalam menjelajahi ke tujuh puncak tersebut, tidak hanya pemandangan yang menakjubkan tapi juga budaya dan masyarakat yang unik dia temui di kaki ketujuh gunung yang berada di tujuh pulau/kepulauan besar itu. Hal tersebut menjadikan sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi Arifah bukan hanya sekedar mencapai ke tujuh puncak itu, tapi hal-hal tersebut tadi melengkapi pengalamannya dalam mendaki The Seven summits of Indonesia.

Hingga saat Al Arifah Hassan adalah pendaki asing yang pertama yang telah melakukan klaim dan tercatat di situs resmi The Summits of Indonesia. Untuk detail list pendaki yang sudah tercatat bisa ditemukan di halaman Summitr List pada situs ini. Selamat untuk Al Arifah Hassan atas pencapaiannya.