Dosen wanita muda berhasil menuntaskan 7 Summits of Indonesia

Seorang dosen wanita muda di sebuah perguruan tinggi negri di Depok bernama Tika Dwi Ariyanti berhasil menuntaskan cita-citanya mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia. Dosen cantik berhijab ini menuntaskan pendakian ke tujuh gunung tersebut dalam kurun waktu 3 tahun 9 bulan, dan memulainya dengan mendaki gunung Semeru dan mencapai puncak pada tanggal 30 Desember 2013 kemudian menuntaskannya di puncak Carstenzs Pyramid pada tanggal 13 September 2018.

“keinginan untuk belajar dan berbagi. Keinginan untuk belajar agar bisa tahu lebih dalam tentang alam ciptaan Tuhan sekaligus mengenal Indonesia lebih dekat. Dengan demikian saya bisa berbagi, pertama bisa berbagi ke masyarakat di sekitar kaki gunung sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan keahlian yang saya miliki dan kedua bisa berbagi cerita ke teman-teman yang belum memiliki kesempatan untuk pergi mendaki sirkuit 7 summits Indonesia ini, baik tentang bentang alam, budaya, maupun perjalanan itu sendiri”. ungkap Tika yang juga berkerja pada sebuah praktik psikologi saat ditanya kesannya oleh The Seven Summits of Indonesia.

Kesan istimewa terhadap ke 7 gunung tersebut juga meninggalkan kenangan yang istimewa juga bagi Tika. Karena setiap gunung tersebut memiliki ciri bentang alam yang khas sehingga membuatnya unik dan berhasil mencerminkan karakter daerah masing-masing. Namun dia sangat menyayangkan sampah yang tidak terkelola dengan baik di Gn. Rinjani, Gn.Semeru, dan Gn. Carstensz. Namun juga menemukan kearifan lokal, di tengah keterbatasan akses dan fasilitas, masyarakat di sekitar kaki gunung tetap mampu ramah sehingga membuat setiap daerah terasa rumahnya sendiri.

Tika juga menambahkan dengan adanya konsep 7 summit Indonesia ini sangat bagus untuk dunia pariwisata, karena dunia pariwisata gunung Indonesia menjadi memiliki icon baru dan memiliki daya tarik untuk para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin mencoba pendakian gunung-gunung Indonesia.

“Kepada semua teman pendaki dimanapun kalian berada dan ingin mencoba sirkuit menuju 7 puncak gunung tersebut kalian harus bersiap. Pertama latihan fisik yang rutin; Kedua siapkan mental dengan banyak membaca, mendengar, dan menabung; serta Ketiga ciptakanlah peluang dengan berteman seluas mungkin karena barangkali tiba-tiba ada yang mau jadi sponsor atau mengajak pergi dengan biaya minim hehe. Jadi, kapan pun kalian mau berangkat kalian sudah terlatih dan siap. Sebagai solo traveler, saya bisa bilang kalau Indonesia aman dan kamu bisa mendaki ke 7 gunung ini sendirian dengan syarat kamu siap dengan segala persiapan dan konsekuensinya. Untuk yang lebih senang mendaki secara tim, persiapkan tim kamu sebaik mungkin sehingga solid selalu selama perjalanan”. Imbau Tika mengakhiri ceritanya pada www.the7summitsindonesia.com