Seorang PNS BPKP Kalimantan Timur menyelesaikan 7 summits Indonesia

“Saya terkesan saat mendaki ke Carstensz, pendakian yang sangat menguras tenaga melalui jalur terberat, yaitu dari Ilaga. pendakian selama 14 hari, dan hampir saja tewas dibunuh karena suatu hal yang tidak bisa saya ceritakan disini.” Demikian tutur Eko Santoso saat ditanya oleh admin the7summitsindonesia.com mengenai gunung yang paling berkesan untuknya di sirkuit 7 Summits Indonesia ini.

Eko Santoso seorang PNS Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan provinsi Kalimantan Timur telah mendaki ke tujuh gunung yang ada di sirkuit The Seven Summits of Indonesia. Ayah dari satu orang anak ini menamatkan pendakian tersebut dalam kurun waktu kurang lebih 8 tahun 8 bulan, dimulai di gunung Semeru pada tanggal 29/05/2011 dan di akhiri di gunung Bukit Raya pada tanggal 25/12/2019. Eko mengaku sudah menggeluti kegiatan pendakian gunung semenjak Sekolah Dasar, dan hobby nya ini membuatnya bergabung dengan perhimpunan pendaki gunung di kampusnya STAN yaitu STAPALA. Hobynya ini juga mendapat dukungan baik dari orang tua dan istrinya.

“Ide yang sangat brilian, karena saya punya latar belakang akuntan melihat dari kacamata ekonomi, gunung-gunung yang awalnya tidak dikunjungi menjadi tujuan pendakian, terutama Bukit Raya dan Binaiya. Ini berefek pada peningkatan perekonomian di wilayah sekitarnya. saya sangat termotivasi menjadi seven summits awalnya karena motif berpetualang, mendaki gunung yang jauh dan tinggi menjadi kenikmatan sendiri. semakin ke sini karena saya juga punya profesi lain sebagai Mountain Guide rasanya perlu untuk mendapatkan title 7 summitters baik Indonesia maupun Dunia untuk menambah pengalaman dan skill dunia mountaineering.” demikian ujar Eko saat ditanya pendapatnya mengenai konsep seven summits indonesia ini. Eko saat ini juga menggeluti dunia usaha pemanduan gunung. Dan mengaku awalnya mengetahui konsep ini sewaktu tinggal di Ambon saat itu dia tengah merencanakan pendakian ke Binaya.

Kepada para pendaki yang tengah dan yang akan mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia ini Eko berharap semua yang memang berniat untuk seven summits tetap kejar targetnya, masalah dana nanti ada jalan, ada rejeki. masalahnya kan cuma carstensz. capai dulu 6 gunung lainnya.

Selamat untuk Eko Santoso atas pencapaiannya.