Seorang Petani asal Pulau Buru Menuntaskan 7 Summits Indonesia

“Saat ini saya pekerjaan pokoknya sebagai petani di desa Savanajaya, kec Waeapo, kab. Buru ( P. Buru) sejak tahun 2011, khususnya Petani Holtikultura, menanam sayuran dan beberapa jenis buah2an salah satunya buah Naga. Sesekali saya bekerja sebagai pemandu gunung sejak 3th terakhir di Binaiya dan Papua dan tergabung sebagai anggota APGI di Maluku.” Demikian jelas Handoko mengawali jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan oleh admin web the7summitsindonesia.com. Pria lajang yang tergabung dalam organisasi Pecinta Alam Perhimpunan KANAL (kreatifitas Anak-anak Alam) Maluku ini telah menyelesaikan pendakian 7 summits Indonesianya pada tanggal 14 Januari 2017 di puncak Carstenzs Pyramid, sirkuit 7 puncak tersebut diselesaikannya dalam kurun waktu 2.9 tahun dan diawalinya dengan puncak Latimojong pada tanggal 02 Mei 2014.

Handako mengaku mengetahui konsep seven summits Indonesia melalui pergaulan dengan teman2 pendaki dari luar Maluku dan media sosial. Pada awal-awal pendakian dia tidak menargetkan seven summits Indonesia, tapi seiring berjalannya waktu kemudian seven summits Indonesia menjadi target dari pencapaian pendakian.

“Konsep 7 summits, menurut saya konsep ini menarik bagi seorang pendaki yg memiliki jiwa-jiwa petualang, sebagai sarana untuk bisa mengenal Indonesia dengan lebih baik lewat gunung-gunungnya, lewat alamnya, lewat masyarakatnya. Sehingga rasa cinta Tanah Air, rela berkorban, Nasionalisme bisa tumbuh di dalam hati para pendaki. Ketertarikan terhadap 7 summits mengalir begitu saja, tanpa tekanan dan beban. Sambil mendaki pelan2 menyelesaikan 7 summits Indonesia, karena bagi saya pencapaian ini bukan akhir dari pendakian. Masih banyak keinginan untuk mendaki2 gunung-gunung lain meskipun tidak masuk dalam daftar 7summit Indonesia.” Ujar pria yang mengaku menyukai Carstenzs diantara 7 puncak tersebut.

“Bagi yang masih dalam proses mendaki 7 gunung tertinggi di Indonesia tetap bersemangat, teruslah memperbaiki diri, jadilah pendaki yg berpengetahuan, teruslah belajar, jaga semangat. Tak ada yg tidak mungkin untuk 7Summit Indonesia selagi kita bersungguh-sungguh. Uang bisa dicari, fisik dan mental bisa di latih, pengetahuan/ilmu bisa di pelajari, sehingga tidak ada alasan untuk menyerah/berhenti mencapai the 7Summits Indonesia.” lanjutnya berpesan untuk para pendaki lain yang tengah atau akan mendaki sirkuit 7 summits Indonesia.

Selamat untuk Handoko atas keberhasilannya menyelesaikan sirkuit 7 summits Indonesia.